Friday, 14 December 2012

Gaya Dahlan Iskan dan Jokowi dari Sisi Ahli Marketing


Foto: Dok. detikFinance
 
Jakarta - Gaya kepemimpinan Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dinilai memiliki banyak kesamaan dari sisi marketing. Apa kesamaannya?

CEO dan Founder Markplus Hermawan Kartajaya mengatakan, jiwa kepemimpinan kedua pejabat ini identik dengan sebuah dunia marketing yang mencakup 3 hal, yakni horizontal, inklusif, dan sosial.

"Ya ini yang saya bilang memang marketing itu berupa 3 hal. Dari vertikal jadi horizontal, dari eksklusif jadi inklusif, dari individual menjadi sosial. Itulah kepemimpinan Jokowi dan Pak Dahlan," ungkap Hermawan kepada detikFinance selepas acara Markplus di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/12/12).

Dia merinci, yang disebut horizontal di sini ialah, pejabat sekelas menteri dan gubernur tidak segan untuk 'blusukan' ke kampung-kampung bertemu warga. Sedangkan inklusif ialah tidak menganggap suatu perbedaan.

"Horizontal adalah menteri blusukan ke mana-mana, gubernur blusukan ke mana-mana. Inklusif nggak melihat suku, nggak melihat agama, nggak melihat apa-apa yang penting hasil. Terus individual oleh sosial, itulah mereka hampir sama," tegas Hermawan.

Khusus untuk Dahlan Iskan, Hermawan mengaku sudah mengenalnya puluhan tahun yang lalu. Menurutnya, Dahlan ialah sosok pria yang penuh dengan gebrakan dengan sebuah hasil yang positif, walaupun caranya terkadang sedikit nyeleneh.

"Ya itu pak Dahlan, pengalaman saya 22 tahun kumpul sama dia. Dia itu gayanya begitu memang, nggak nunggu sampai semuanya menjadi teratur, dia selalu menggebrak-gebrak begitu. Tujuannya kan baik, orang itu mbok dilihat tujuannya, nggak perlu dilihat caranya," pungkasnya.(zul/dnl)

[sumber : Detik Finance]